Sekolah Dikhawatirkan Ambruk Murid Terpaksa Belajar di Rumah Warga

sumber : KOMPAS.com — Sebanyak 46 murid SDN Warurejo 1 di Desa Warurejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, terpaksa belajar di sejumlah rumah warga di desa tersebut karena pihak sekolah khawatir ruang kelas mereka ambruk.

Murid-murid yang belajar di rumah warga itu murid kelas satu (28 murid) dan kelas dua (18 murid). Pasalnya kondisi ruang kelas merekalah yang paling berpotensi ambruk daripada ruang kelas lain. Kayu penyangga atap di dua kelas tersebut lapuk. Pemindahan kegiatan belajar-mengajar ke rumah warga dilakukan sejak Senin (1/2/2010).

Kepala Sekolah SDN Warurejo 1 Surojo, Selasa, mengatakan, sebetulnya selain dua kelas ini, ada dua kelas lain yang juga dikhawatirkan ambruk. Kedua ruang kelas ini biasa dipakai kegiatan belajar-mengajar kelas III dan IV. Namun, pihak sekolah menilai kondisinya tidak separah kondisi ruang kelas I dan II sehingga belum perlu dipindahkan.

Murid-murid kelas satu dan dua itu melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di rumah Ciptoutomo dan Karmun, dua warga Warurejo yang ruang tamunya cukup luas. Baik Ciptoutomo dan Karmun secara sukarela mempersilakan ruang tamu mereka digunakan murid-murid SDN Warurejo 1. Mereka tidak meminta sepeser pun uang sewa kepada pihak sekolah.

Surojo mengatakan, kondisi bangunan sekolah yang sudah berusia tua itu semakin buruk awal Januari 2010. “Hujan deras dan angin kencang membuat atap dua ruang kelas itu seperti mau ambruk,” tambahnya.

Dia mengaku telah melaporkan kondisi sekolah itu ke Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Surojo pun meminta agar sekolah tersebut segera diperbaiki.

“Informasinya tahun ini akan mendapatkan dana perbaikan. Melihat perbaikan sekolah rusak lain di Madiun, biasanya biaya perbaikan baru cair pertengahan tahun. Mungkin kami pun baru memperoleh dana itu pertengahan tahun 2010,” ujarnya. Dia sangat berharap, dana perbaikan bisa lebih cepat cair agar kegiatan belajar-mengajar dapat dilakukan di sekolah lagi.

One thought on “Sekolah Dikhawatirkan Ambruk Murid Terpaksa Belajar di Rumah Warga

Komentar ditutup.