tradisi iblis “saya lebih baik daripada dia”


by budi.s

kata “ana khairun minhu” atau “aku lebih baik dari dia” pertama kali diucapkan iblis untuk menunjukkan ketakaburannya untuk sujud kepada Nabi Adam a.s., tapi iblis tidak mau. ia beralasan “Ia beralasan aku lebihh baik dari dia, Kau ciptakan aku dari api, dan kau ciptakan dia dari tanah” takabur yang dilakukan oleh iblis pertama kali itu adalah takabur karena nasab, takabur karena keturunan.
menurut Al-Ghazali, diantara beberapa faktor yang menyebabkan orang menjadi takabur dan berfikir “aku lebi baik daripada dia”, adalah nasab. iblis adalah tokoh takabur karena nasab yang paling awal. kebanggaan kebanggaan atau kesombongan karena nasab ini pernah menjadi satu sistem kemasyarakatan yang membagi masyarakat dalam masyarakat feodal. feodalisme adalah sistem kemasyarakatan yang membagi masyarakat berdasarkan keturunannya. sebagian masyarakat disebut darah dan sebagian lagi berdarah merah.
jadi jangan pernah merasa bangga dengan kedarahan yang biru, merah, kuning, hijau, kuning, pink atau yang lainnya, karena kesombongan atas nama keturunan adalah tradisi iblis.

disadur dari buku ‘the road to Allah” kang jalal